KOMUNITAS G-TRAC GUNUNG KIDUL

Gunung Kidul merupakan daerah perbukitan dengan tekstur tanah yang terbuat dari batuan kapur yang memungkinkan untuk para pecinta motocross di wilayah Gunung Kidul. G-Trac menjadi wadah bagi para crosser untuk berkumpul dan menyalurkan hobinya.

IMG-20150608-WA0007
Sumber Foto : Yossy WP

G-Trac merupakan komunitas motocross yang berasal dari Gunung Kidul. Berdiri sejak tahun 2006, komunitas ini terbentuk berawal dari keinginan beberapara crosser di Gunung Kidul yang berharap semua crosser di Gunung Kidul berada dalam satu wadah dan G-Trac menjadi “rumah” bagi para crosser di Gunung Kidul, kata Heri ketua G-Trac.

Kini G-Trac sudah menangui 150 crosser di Gunung Kidul. G-Trac biasanya melakukan kegiatan  Adventure “membelah hutan” yang ada Gunung Kidul. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh beberapa crosser di setiap akhir pekan. Dengan motocross sendiri-sendiri, mereka melakukan tracking menyusuri hutan-hutan di Gunung Kidul.

IMG-20150608-WA0006
Sumber Foto : Yossy WP

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap akhir pekan, sekedar melepas penat dengan melakukan hobi menunggangi kuda besi mereka” Tambah Heri.

Selain  melakukan adventure, G-Trac juga melakukan beberapa aksi sosial seperti kegiatan menyumbangkan air bersih ke daerah-daerah di Gunung Kidul yang terkena musibah kekeringan. Kegiatan ini sering dilakukan oleh G-Trac pada saat musim kemarau. Gunung Kidul memang sering terkena musibah ini. Aksi sosial ini merupakan bentuk kepedulian G-Trac terhadap daerah-daerah yang sering mereka lewati ketika menyusuri wilayah di Gunung Kidul

IMG-20150608-WA0004
Sumber Foto : Yossy WP

Kegiatan lain dari komunitas ini adalah “Ramadhan Night Adventure”. Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan di saat bulan ramadhan, dengan menyusuri wilayah Gunung Kidul pada malam hari dan ditutup dengan Sahur bersama.

IMG-20150608-WA0005
Sumber Foto : Yossy WP

G-Trac biasanya meyusuri wilayah Gunung Kidul yang dibagi menjadi  empat bagian wilayah. Wilayah utara meliputi Kec. Pindul, Kec. Nglipar, Kec. Gedangsari, wilayah selatan meliputi Daerah kota Wonosari hingga daerah pantai. Wilayah Barat meliputi Kec. Playen, Kec Mangunan. Wilayah Timur meliputi Kec. Karangmojo, Kec. Pojong.

IMG-20150608-WA0003
Sumber Foto : Yossy WP

G-Trac juga biasanya aktif dalam mengikuti beberapa kompetisi motocross baik tingkat nasional maupun internasional, yang terbaru adalah Hard Enduro 2015 yang diselenggarakan di Gunung Kidul sendiri.

Reporter : Stephanus Aranditio

Tinggalkan komentar