KOMUNITAS DENGGUNG SKATEBOARDING

Denggung Skateboarding adalah komunitas bagi para pecinta permainan papan seluncur beroda empat atau yang biasa dikenal dengan papan skateboard. Komunitas ini terbentuk sejak tahun 2001 dengan jumlah anggota yang selalu silih berganti. Bahkan, beberapa anggota yang asalnya dari luar kota juga sering gabung untuk main bareng.

DCIM100GOPROGOPR0522.
Sumber Foto: dok. pribadi

Keanggotaan di komunitas Denggung Skateboarding ini dapat dikatakan sangat berangam. Mulai dari anggota termuda mereka yang masih duduk di bangku SMP, sekitar umur 13 tahun hingga ada yang berumur sekitar 30 tahunan. Anggotanya juga tidak hanya laki-laki saja, tapi komunitas Denggung Skateboarding ini juga punya anggota yang cewek.

Hampir setiap hari anggota komunitas ini selalu berkumpul dan bermain skate bersama di Denggung Skatepark, yang letaknya berada di sebelah utara alun-alun (lapangan) Denggung, Sleman. Biasanya, mereka akan berkumpul mulai dari jam 10.00-15.00 WIB. “Biasanya pada ke sini kalau pas punya waktu longgar. Ya yang penting gak nganggu jam kerja, kuliah, atau sekolah aja sih,” ujar Megilang Yoganca selaku penanggung jawab divisi Sosial Media di komuniats Denggung Skateboarding ini.

Dulunya sebelum ada Denggung Skatepark ini, para anggota komunitas Denggung Skateboarding biasa bermain di aspal jalan yang ada di pinggir lapangan. Sekitar tahun 2013, mereka mencoba untuk mengajukan proposal yang isinya meminta pemerintah setempat agar bersedia mendukung kegiatan mereka dengan membuatkan sebuah arena khusus untuk bermain skateboard. Akhirnya, sekitar tahun 2014, pemerintah setempat bersedia untuk merealisasikannya dengan membuatkan sebuah area khusus yang dikenal dengan sebutan Denggung Skatepark.

Ketika berkumpul, biasanya mereka akan saling berbagi ilmu, atau sekedar sharring trick permainan. Komunitas ini juga sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin tergabung, bahkan mereka akan sangat senang jika ada anggota baru yang ingin bergabung, terutama bagi mereka-mereka yang masih muda. Para anggota komunitas yang lama akan dengan senang hati berbagi ilmu dengan para anggota baru, mereka akan mengajarkan mulai dari awal bagaimana berjalan dengan papan skate yang benar hingga mengajarkan trick-tricknya.

DCIM100GOPROGOPR0441.
Sumber Foto: dok. pribadi

Komunitas Denggung Skateboarding juga sering mengikuti event maupun kompetisi kejuaraan skate. “Mas Ronny, dia salah satu anggota yang paling sering menang kompetisi,” cetus Gilang. Event maupun kompetisi yang sering diikuti oleh komunitas ini, membuat Denggung Skateboarding mempunyai relasi yang luas. Ternyata, mereka juga menjalin hubungan yang baik dengan komunitas-komunitas skatebord yang lain.

CHMAXMrVAAAXVkq

Pada tanggal 13 Juni 2015, komunitas Denggung Skateboarding akan mengadakan sebuah kompetisi yang bertajuk “Wakil Bupati Cup: Skateboard Competition”. Kompetisi skateboard yang diberi dukungan langsung oleh Wakil Bupati Sleman ini, akan dibagi menjadi tiga kategori lomba, yakni open class, beginner class, dan best trick. Semua informasi yang berkaitan dengan komunitas Denggung Skateboarding, bisa dicek lewat akun twitter mereka (@denggungskate) atau juga bisa lewat akun istragramnya (@denggungskate).

Reporter: Claudea Novitasari

Tinggalkan komentar