Komunitas Lari Playon Jogja

Playon Jogja merupakan sebuah komunitas lari di Jogja yang cabang regional Jogja dari Indorunners. Nama Playon Jogja merupakan hasil sayembara yang dilakukan oleh anggota komunitas yang saling bertukar ide. Playon Jogja mempunyai sebuah slogan yaitu “Jogja Berlari Nyaman”.

(Dokumentasi: Playon Jogja)

Playon Jogja merupakan bentuk inisiatif dari Mbak Thea yang merupakan ketua koordinator dari Playon Jogja. Tahun 2012, Mbak Thea mulai mengajak orang-orang di Jogja untuk berlari bersama melalui grup Facebook Indorunners. Pada saat itu, bertepatan dengan bulan puasa, sehingga kegiatan lari baru bisa dilaksanakan pada malam hari. Namun, sejak saat itu salah satu kegiatan ruitn yang dilakukan adalah Thursday Nite Run (TNR) yaitu kegiatan lari yang dilakukan setiap Kamis malam.

Sebagai komunitas lari, maka kegiatan utama dari Playon Jogja tentu saja berlari. Ada dua kegiatan rutin Playon Jogja yaitu lari setiap kamis malam pukul 19.00- 20.00 WIB berkumpul di depan BCA Sudirman dan setiap Minggu pagi pukul 06.00 – 07.30 WIB berkumpul di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM. Selain dua kegiatan rutin tersebut, Playon Jogja juga mengadakan long run atau lari jarak jauh. Playon Jogja pernah mengadakan long run dengan rute dari Kledokan sampai Candi Sambbisari dan pernah juga mengadakan di Waduk Sermo.

Dalam setiap kegiatan lari, Playon Jogja membagi peserta menjadi tiga grup. Grup pertama terdiri dari anggota yang mempunyai kecepatan lari tinggi atau di atas rata-rata. Grup kedua terdiri dari anggota dengan kecepatan lari rata-rata. Sedangkan grup ketiga diperuntukkan untuk para newbie atau anggota yang baru bergabung.

Ada yang menarik dari setiap grup tersebut, yaitu dalam setiap grup selalu didampingi oleh kapten, marshall, dan swiper. Kapten bertugas sebagai pemimpin grup dan mengatur kecepatan lari dalam grup tersebut. Marshall bertugas mengatur barisan grup, membantu menyeberang jalan, menghentikan motor dan mobil, serta bertugas membawa lightstick sebagai penanda. Sedangkan swipper bertugas untuk menemani anggota yang paling belakang, sehingga siapapun yang berada di paling belakang tidak akan ditinggal.

Komunitas Playon Jogja merupakan komunitas lari yang bersifat terbuka, sehingga tidak ada struktur organisasi maupun keanggotaan. Seperti yang diungkapkan Mbak Thea, di Playon Jogja hanya ada koordinatir dan co-koordinator. Hal ini karena Playon Jogja ingin merangkul siapa pun yang ingin ikut bergabung dan tidak ingin mengikat angotanya dengan biaya keanggotaan atau apapun. Playon Jogja tidak pernah mendata secara rinci berapa jumlah anggotanya, namun di setiap kegiatan lari biasanya ada sekitar 50 orang yang hadir. Sedangkan di grup Facebook Playon Jogja anggota berjumlah sekitar 700 orang.

(Dokumentasi: Playon Jogja)

Saat ini di Jogja sedang marak diadakan event lari, mulai dari Jogja Nite Run, Glow Run, dan lasin sebagainya. Namun, menurut Mbak Thea, Playon Jogja belum pernah terlibat dalam event-event tersebut. Hal ini karena Playon Jogja cukup selektif dalam memilih event lari dan memiliki beberapa kriteria khusus untuk ikut bergabung. Kriteria itu antara lain: 1) jarak lari minimal harus 5km, 2) setiap peserta harus mendapat tanda peserta, misal nomor peserta atau nama peserta, 3) jalanan yang dilalui harus steril atau bebas dari kendaraan bermotor, dan 4) panitia harus berkomitmen untuk menjaga keamanan. Namun, di luar itu, beberapa anggota Playon Jogja pernah mengikuti beberapa event lari di luar Jogja bahkan yang berskala internasional, misalnya Bali Marathon, Jakarta Marathion, dan beberapa event di luar negeri.

Playon Jogja tidak hanya ingin menyebarkan virus lari di kalangan masyarakat Jogja, tapi juga ingin memberikan edukasi tentang bagaimana cara berlari yang benar. Edukasi itu selalu dilakukan di setiap kegiatan lari rutin mereka dengan cara memberikan briefing kepada para anggota. Edukasi tersebut misalnya tentang cara berlari yang benar, cara pemasanan dan pendinginan yang benar, dan lain sebagainya. Tak hanya melalui briefing, edukasi juga diberikan lewat Facebook dengan bacaan-bacaan yang memberikan berbagai informasi tentang cara lari yang benar.

(Dokumentasi: Playon Jogja)

Mbak Thea, sebagai koordinator Playon Jogja, memiliki beberapa harapan tentang kegiatan lari di Jogja, antara lain: 1) semakin banyak orang Jogja yang menggemari aktivitas olahraga, terutama lari, 2) memberikan inspirasi kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas olahraga yang baik dan nyaman, dengan slogan Playon Jogja yaitu “Jogja Berlari Nyaman”, Playon Jogja bergarap nantinya Joja memang benar-benar menjadi tempat yang nyaman bagi siapa saja yang infin berlari, dan 3) memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang cara lari yang benar.

Lari merupakan salah satu olahraga fisik yang murah dan mudah dilakukan, serta bisa dilakukan kapan saja. Tak hanya itu, kegiatan lari juga bisa dilakukan sendiri selama kita mau. Tapi, kalau ingin kegiatan larimu lebih seru dan menyenangkan, yuk join ke Playon Jogja.

Reporter : Patricia Dias

Tinggalkan komentar